google918a0c52108bf1a3.html Lanang Pening: Timnas Indonesia kalah 0-1 dari Irak

6 Feb 2013

Timnas Indonesia kalah 0-1 dari Irak

Timnas Indonesia kalah tipis 0-1 dari  Irak melalui gol tunggal Younis Mahmood pada pertandingan Pra Piala Asia (PPA) 2015 di Al-Rashid Stadium, Dubai, Uni Emirat Arab, Rabu.

Akibat kekalahan pada pertandingan yang disiarkan secara langsung oleh salah satu televisi swasta nasional itu, tim asuhan Nil Maizar gagal membawa pulang poin seperti yang diharapkan oleh pecinta sepak bola Indonesia.

Timnas Indonesia yang bertanding tanpa Raphael Maitimo karena terkendala masalah administrasi kewarganegaraan terlihat tenang dan teroganisir dengan baik meski langsung mendapatkan tekanan dari tuan rumah Irak.

Andik Vermansah dan kawan-kawan bahkan mampu meredam segala upaya yang dilakukan oleh anak asuh Hakeem Shakir Flayyih Al Azzawi itu. Bahkan anak asuh Nil Maizar ini terus dikurung dan tidak diberikan kesempatan menyerang oleh Irak.

Perbedaan postur tubuh ternyata dimanfaatkan dengan baik oleh Irak. Humam Tareq Faraj dan kawan-kawan terus menggunakan umpan-umpan panjang yang langsung mengarah ke gawang Indonesia yang dikawal oleh Endra Prasetya.

Gempuran yang dilakukan oleh Irak sebenarnya mampu membuahkan hasil, hanya saja tendangan bebas dari Ali Adnan Khadim pada menit 24 yang telah masuk ke gawang Indonesia dianulir wasit karena ada pemain Irak yang terlebih dahulu terjebak offiside.

Meski terus mendapatkan tekanan, Irfan Bachdim dan kawan-kawan sesekali melakukan serangan melalui sayap. Andik Vermansah bahkan beberapa kali membuat repot barisan pertahanan tim yang berjuluk Singa Mesopotamia ini.

Tingginya tempo permainan membuat tensi pemain tinggi. Terbukti beberapa kali pemain Timnas Indonesia melakukan pelanggaran bahkan berdampak pada pemberian kartu kuning oleh wasit yang salah satunya pada Handi Ramdan.

Meski Irak terlihat mendominasi jalannya pertandingan, ternyata di babak pertama kedudukan sama kuat 0-0.

Memasuki babak kedua Irak kembali menekan, hanya saja berkat kegemilangan penjaga gawang Endra Prasetya untuk sementara gawang Indonesia aman.

Sebagai tim tuan rumah Irak terus berusaha menunjukkan kemampuan terbaiknya. Akhirnya kebuntuan tim tuan rumah terobati setelah Younis Mahmood mampu memperdayai Endra Prasetya sehingga membuat Irak unggul 1-0 atas Indonesia.

Gol pada menit 65 tersebut terjadi karena kesalahan salah satu pemain belakang Indonesia Handi Ramdan. Upaya pengamanan bola yang dilakukan mengarah ke lawan dan dimanfaatkan dengan baik oleh pemain dengan nomor punggung 10 itu.

Unggul 1-0 tidak membuat Irak melemahkan serangan dengan tekanan demi tekanan terus dilakukan. Meski demikian Timnas Garuda juga tidak tinggal diam dan mencoba berbalik menekan lawan.

Peluang Timnas Indonesia terjadi menit 81, hanya saja tendangan Vendry Mofu masih mampu diblok oleh penjaga gawang Irak. Upaya menyamakan kedudukan terus dilakukan terutama pada lima menit akhir waktu normal. Hanya saja hingga peluit panjang tanda pertandingan berakhir kedudukan tetap 1-0 untuk Irak.

Kekalahan tipis 0-1 bisa dikatakan cukup bagus jika melihat komposisi pemain yang ada. Apalagi pada pertandingan ujicoba melawan Yordania beberapa hari sebelumnya, Indonesia menyerah dengan skor telak 0-5.

Setelah pertandingan melawan Irak, Timnas Indonesia pada pertandingan Pra Piala Asia (PPA)  2015 Grup C itu akan menghadapi Arab Saudi di Jakarta pada 22 Maret mendatang dan kemudian  menghadapi China. (Antara) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

COPYRIGHT MUSRIADI (LANANG PENING)