google918a0c52108bf1a3.html Lanang Pening: Ribuan Warga Mukomuko manfaatkan Jamkesmas

21 Apr 2012

Ribuan Warga Mukomuko manfaatkan Jamkesmas

Sebanyak 43.707 warga miskin di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, saat ini telah memanfaatkan jaminan kesehatan masyarakat untuk berobat secara gratis.

"Jumlah warga miskin yang menggunakan kartu jamkesmas itu merupakan data Badan Pusat Statistik setempat dan tenaga medis Dinas Kesehatan setiap kecamatan," kata Kepala Bidang Farmasi dan Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko Khairul Saleh di Mukomuko, Sabtu.

Berdasarkan data BPS tersebut, kata dia, puluhan ribu warga miskin setempat diusulkan menerima program pemerintah pusat berupa jamkesmas yang sumber pembiayaan berasal dari APBN.

"Warga miskin itu hingga kini masih mengunakan kartu jamkesmas untuk mendapatkan pelayanan pengobatan gratis," ujarnya.

Jumlah warga miskin yang mengunakan kartu jamkesmas selama 2011 sebanyak 220 orang rawat inap, 289.069 orang rawat jalan, 310 orang dirujuk.

Klaim dana trasportasi warga miskin yang mengunakan jamkesmas pada 2011 sebesar Rp57.040.000.

Ia mengatakan, warga miskin di daerah itu belum terakomodasi dalam program jamkesmas berkesempatan mendapatkan pelayanan pengobatan secara gratis mengunakan program bantuan kesehatan daerah (bankesda).

"Tahun ini disediakan dana bankesda sebesar Rp1,5 miliar, sedangkan petunjuk teknisnya sama jamkesmas agar warga miskin mendapatkan pelayanan kesehatan gratis," ujarnya.
Sumber : Antara Bengkulu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

COPYRIGHT MUSRIADI (LANANG PENING)