google918a0c52108bf1a3.html Lanang Pening: Tahukah Anda, apa kata terpanjang di dunia !?!?!?!

11 Des 2012

Tahukah Anda, apa kata terpanjang di dunia !?!?!?!

Tahukah Anda apa kata terpanjang di dunia? Dan tahukah Anda bahwa untuk mengeja kata terpanjang di dunia itu membutuhkan waktu sekitar 3,5 jam? Kata ini merupakan nama kimia dari jenis protein, yang total terdiri atas 189.819 huruf. Wow!

Seperti diberitakan oleh Huffington Post, Rabu (12/12/2012), kata terpanjang di dunia ini diawali dengan 'Methio' dan berakhir dengan 'leucine'. Kata ini sebenarnya merupakan nama kimia sebutan bagi jenis protein raksasa yang dalam bahasa awam disebut Titin.

Ada alasan tersendiri mengapa nama protein bisa sangat panjang seperti kata ini. Penamaan protein selama ini dilakukan dengan memadukan nama kimia zat-zat yang membentuk protein tersebut. Mengingat Titin merupakan jenis protein terbesar yang pernah ditemukan, maka nama kimianya tentu tidak singkat.

Dengan terdiri atas total 189.819 huruf, tentu sangat sulit untuk membacanya dalam hanya satu tarikan napas. Seorang pria bernama Dmitry Golubovskiy pun mencoba untuk mempraktikkannya.

Melalui video yang diunggah ke YouTube, Golubovskiy membaca kata terpanjang di dunia ini. Aksi ini sebenarnya tidak mudah dilakukan, karena membutuhkan mata yang jeli dan daya tahan tubuh.

Bagi Golubovskiy, dibutuhkan waktu sekitar 213 menit atau sekitar 3 jam 33 menit 23 detik untuk membaca kata tersebut hingga selesai. Luar biasa! Kamera terus merekam sejak awal Golubovskiy membaca kata tersebut hingga dia menyelesaikannya.

Namun tentu saja video tersebut tidak diambil sekali saja, melainkan berulang kali. Kata ini cukup rumit untuk dibaca sehingga membutuhkan kesabaran tinggi untuk bisa membacanya dengan benar sampai huruf terakhir.

Meskipun kata ini bisa disebut sebagai kata terpanjang di dunia, namun kata ini tidak masuk dalam kamus bahasa, terutama Bahasa Inggris. Menurut kamus Bahasa Inggris, kata terpanjang ialah 'pneumonoultramicroscopicsilicovolcanoconiosis' yang terdiri atas 45 huruf. Di sisi lain, sejumlah ahli kamus bahkan meragukan bahwa nama kimia sebenarnya bisa dikategorikan sebagai sebuah kata.

Inilah baris awal kata terpanjang di dunia ini. Silakan membacanya:

Methionylalanylthreonylserylarginylglycylalanylserylarginylcysteinylproly-
larginylaspartylisoleucylalanylasparaginylvalylmethionylglutaminylarginyl-
leucylglutaminylaspartylglutamylglutaminylglutamylisoleucylvalylglutaminy-
llysylarginylthreonylphenylalanylthreonyllysyltryptophylisoleucylasparagi-
nylserylhistidylleucylalanyllysylarginyllysylprolylprolylmethionylvalylva......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

COPYRIGHT MUSRIADI (LANANG PENING)