google918a0c52108bf1a3.html Lanang Pening: BP4K KEMBANGKAN JAMUR TIRAM UNTUK PENGHASILAN TAMBAHAN

17 Mei 2011

BP4K KEMBANGKAN JAMUR TIRAM UNTUK PENGHASILAN TAMBAHAN

Mukomuko, Bengkulu, 17/5 (ANTARA) - Badan Pelaksana, Penyuluhan, Penyuluhan Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan Kabupaten Mukomuko, mencoba mengembangkan jamur tiram sebagai industri rumahan yang bisa menjadi penghasilan tambahan petani di daerah itu.

"Sebagai percontohan awal, pemerintah membantu petani jamur tiram modal awal sebesar Rp900 ribu," kata Kepala Badan Pelaksana, Penyuluhan Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan (DP4K) Kabupaten Mukomuko Zamdial Taalidin di Mukomuko, Selasa.

Ia mengatakan, keberadaan jamur tiram sudah ada sejak lama di daerah ini, karena jamur tiram tumbuh di beberapa kayu yang sudah tidak terpakai lagi, serta di tanah yang lembab."Jamur tiram sangat mudah di jumpai di daerah ini, sehingga tidak sulit bila petani punya keinginan mengembangkan, karena jamur tidak membutuhkan lahan yang luas, cukup pekarangan dengan luas tertentu baik yang berada depan maupun belakang rumah," katanya.

Bahkan, sejumlah petani di Desa Mekar Mulya, Kecamatan Penarik sudah ada yang menanam dan menjual jamur tiram di setiap pasar dan kegiatan pengembangan jamur yang di lakukan petani cukup di belakang rumah.

"Sangat sederhana sekali pola tanam yang di gunakan oleh petani dalam mengembangkan jamur tiram, tetapi manfaat yang bisa diperoleh bisa menjadi pengahasilan tambahan keluarga," katanya.

Ia menambahkan, jamur tiram sangat nikmat bila di gunakan untuk campuran masakan yang mengunakan santan kelapa, dan kebiasaan warga di daerah ini, jamur tersebut di jadikan menu tambahan selain ikan dan daging ayam.

Selain itu, jamur tiram juga bisa dicetak menjadi areka ragam makanan seperti kerupuk dan jenis makanan lain, tetapi untuk menciptakan makanan ini tentunya harus melalui proses pengolahan dan kemasan yang menarik.

Ia menjelaskan, untuk menjadikan jamur tiram sebagai ciri khas daerah ini, maka pengembangan tidak hanya di lakukan oleh sejumlah petani saja, tetapi pemerintah akan pemerintah setempat akan melakukan kajian serta penelitian tentang jamur tiram, sehingga bisa di tanam oleh petani lain sebagai penghasilan tambahan.

"Tujuan kita supaya masyarakat punya kreatifitas dalam memanfaatkan setiap sumber daya alam yang tersedia di daerah ini untuk meningkatkan kesejahteraa keluarga," katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

COPYRIGHT MUSRIADI (LANANG PENING)