google918a0c52108bf1a3.html Lanang Pening: LEBARAN - SEBAGIAN WARGA MUKOMUKO TETAP GELAR TAKBIR KELILING

29 Agu 2011

LEBARAN - SEBAGIAN WARGA MUKOMUKO TETAP GELAR TAKBIR KELILING

Sebagian warga di Desa Pasar Baru, Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, yang telah berkumpul di beberapa persimpangan di desa itu tetap melakukan takbir keliling menggunakan sepeda motor.

"Kami tetap mengadakan takbir keliling malam ini, meski pemerintah menetapkan Idul Fitri jatuh Rabu (31/8)," kata salah seorang warga Desa Pasar Baru, Buyung, yang mengikuti takbir keliling di Mukomuko, Senin malam.
Dengan dikawal anggota kepolisian dari sektor Kecamatan Ipuh, puluhan kendaraan roda dua maupun roda empat dengan tertib mengikuti kegiatan takbiran yang berlangsung di desa tersebut.

Buyung mengatakan, meskipun tetap melaksanakan takbir keliling mengitari wilayah desa itu, namun warga setempat tetap menjalankan puasa pada Selasa (30/8) dan Lebaran hari Rabu (31/8).

"Besok kami tetap puasa terakhir seperti yang dianjurkan oleh pemerintah, tetapi pelaksanaan takbiran tetap jalan malam ini," kata dia menambahkan.

Alasan warga masyarakat setempat tetap melaksanakan kegiatan takbiran keliling menggunakan kendaraan roda dua dan empat Senin malam, karena belum menerima pengumuman langsung terkait pelaksanaan lebaran.

"Pengumuman kami dapat setelah warga berkumpul untuk melaksanakan takbir keliling, karena sudah tanggung terpaksa kegiatan tetap berjalan," kata dia.


Tarawih sepi

Sementara itu pelaksanaan shalat Tarawih di Masjid Darussalam, Desa medan Jaya, Kecamatan Ipuh tampak sepi. Tidak terlihat kaum perempuan yang mengikuti shalat Tarawih terakhir di masjid itu.

"Mayoritas pria yang datang pada malam ini mengikuti shalat Tarawih di Masjid Darussalam," kata Fahrik, warga Desa Medan Jaya.

Sebelum informasi penetapan Lebaran diketahui, pengurus masjid tersebut telah melakukan takbiran. "Namun setelah informasi itu diketahui, pengurus langsung mengumumkan kepada masyarakat setempat," kata dia.

Ustad Sulaiman yang bertugas di Masjid Darussalam Kecamatan Ipuh menggunakan pengeras suara menyampaikan perihal penetapan Idul Fitri pada Rabu dan pelaksanaan shalat Tarawih masih dilaksanakan malam ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

COPYRIGHT MUSRIADI (LANANG PENING)