google918a0c52108bf1a3.html Lanang Pening: Mukomuko sosialisasikan cara pemotongan hewan kurban

22 Okt 2012

Mukomuko sosialisasikan cara pemotongan hewan kurban

Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, akan menyosialisasikan cara pemotongan hewan kurban kepada seluruh panitia pemotongan hewan di daerah itu.

Kami sudah siapkan selebaran tentang cara pemotongan hewan untuk disebarkan kepada panitia pemotongan hewan kurban," kata Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan, dan Kehutanan (DP3K) Kabupaten Mukomuko, elxandi, di Mukomuko.

Ia menyebutkan, dalam selebaran itu ada beberapa ketentuan dan hal-hal yang harus diikuti dilakukan oleh panitia yang menyelenggarakan kegiatan pemotongan hewan kurban, sehingga hewan tersebut tidak stres.
      
"Petunjuk dan cara pemotongan hewan itu bertujuan untuk kesejahteraan hewan sehingga hewan yang dikurbankan itu tidak stres yang bisa berpengaruh terhadap kualitas dagingnya," ujarnya.
      
Sebab, lanjut dia, hewan yang dipotong tanpa memperhatikan petunjuk tersebut cenderung warna dagingnya tidak segar tetapi pucat.
      
Namun, pihaknya tidak bisa menyebutkan secara rinci aspek-aspek dalam selebaran yang harus diikuti oleh panitia pemotongan hewan kurban tersebut.
      
"Dalam selebaran itu semuanya lengkap tetapi kami tidak begitu harap aspek-aspeknya," ujarnya.
      
Namun kata dia, salah satunya sebelum hewan tersebut dipotong harus diberikan makan selain pisau atau parang yang digunakan untuk memotong hewan kurban tersebut harus benar-benar tajam. Sumber : www.antarabengkulu.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

COPYRIGHT MUSRIADI (LANANG PENING)