google918a0c52108bf1a3.html Lanang Pening: BKKBN TELITI MANFAAT TANAMAN GANDARUSA UNTUK KB

11 Jul 2011

BKKBN TELITI MANFAAT TANAMAN GANDARUSA UNTUK KB

Badan Koordinasi Pemberdayaan Keluarga Berencana Nasional Pusat masih meneliti dan mengujicoba kepada hewan manfaat tanaman gandarusa untuk bahan pil keluarga berencana (KB)pria.

"Saat ini tanaman gandarusa masih dalam tahapan penelitian dengan menguji herbal itu kepada hewan," kata Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Kependudukan Badan Koordinasi Pemberdyaan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Pusat Pramono Joko Sudibyo di Mukomuko, Senin.
BKKBN Pusat belum bisa memastikan tanaman yang berasal dari Papua itu bisa dimanfaatkan untuk bahan baku campuran pil KB pria karena dalam tahapan penelitian baru ujicoba terhadap hewan.

"Kami masih terus melakukan penelitian saat ini tahapanya uji coba kepada sejumlah hewan selanjutnya dievaluasi tingkat keberhasilannya," urainya.

Meski butuh proses lama dalam penelitian sebelum herbal itu bisa digunakan sebagai solusi untuk mengatasi ledakan penduduk di Indonesia, namun tidak ada kekawatiran tanaman itu punah.

Karena kata dia, sejumlah daerah sudah ada yang membudidayakan tanaman gandarusa untuk obat-obatan seperti di Jawa Timur dan sebagian daerah lain.

Ia menjelaskan, uji coba kepada hewan merupakan tahapan yang terakhir sebelum tanaman gandarusa di uji coba kepada tubuh manusia.

"Bila dalam evaluasi terhadap uji coba kepada hewan terbukti berhasil, kemungkinan langsung uji coba kepada manusia," ujarnya.

Setelah menjadi sebuah pil KB akan diproduksi secara besar-besaran dan dijadikan solusi bagi negara ini untuk mengendalikan jumlah penduduk dan menekan angka kelahiran.

Ia menjelaskan pada semester pertama tahun ini pencapaian peserta KB baru sebesar Rp40 persen dari jumlah penduduk Indonesia saat ini sebanyak 240 juta jiwa.

Sedangkan rata-rata masyarakat yang menjadi peserta KB mencapai 7,2 juta jiwa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

COPYRIGHT MUSRIADI (LANANG PENING)