google918a0c52108bf1a3.html Lanang Pening: SEPARUH KOTA INDONESIA DITARGETKAN MILIKI BANK SAMPAH

19 Sep 2011

SEPARUH KOTA INDONESIA DITARGETKAN MILIKI BANK SAMPAH


Kementerian Lingkungan Lidup menargetkan pada tahun 2014 separuh kota di Indonesia memiliki bank sampah minimal lima unit per daerah.

"Kita targetkan program bank sampah pada 2014 akan terealisir pada separuh kota di Indonesia dengan memiliki minimal lima bank sampah," kata Menteri Lingkungan Hidup Gusti Muhammad Hatta di Bengkulu, Senin.

Ia mengemukakan bahwa program bank sampah di beberapa kota di Indonesia mulai berjalan seperti di Sumatera Barat dan Pacitan, Jawa Timur.Bank sampah itu, juga sudah termasuk di salah satu kampus yakni Universitas Bung Hatta (UBH), di mana ia berharap di Bengkulu segera merealisasikan program tersebut.

"Pak rektor Universitas Bengkulu segera dibuat ya... bank sampah di kampusnya," tambahnya.

Bank sampah, katanya, diharapkan mampu mengurangi tumpukan sampah dengan cara mengolah dan mengumpulkan selanjutnya dijadikan satu produk yang bermanfaat secara ekonomi dan lingkungan.

Program ini juga dapat membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat di Indonesia karena sifat program ini juga padat karya.

Sementara itu, guru besar pendidikan lingkungan hidup Universitas Bengkulu Prof Syukri Hamzah menjelaskan yang paling penting dalam pengelolaan bank sampah tersebut adalah dengan cara memberikan pendidikan bagi rakyat bagaimana mengelola sampah organik dan anorganik untuk dapat menghasilkan suatu produk.

Produk tersebut, menurut dia, bisa berupa pupuk organik cair maupun padat dari limbah tersebut bahkan ia mengatakan untuk tekhnologi pada program ini tidak dibutuhkan peralatan yang mahal berkisar Rp10 juta.

"Universitas Bengkulu memiliki peralatan dan tekhnologi untuk pengolaan sampah menjadi pupuk organik itu bisa dimanfaatkan pemerintah setempat," katanya.

Bank sampah, kata dia, dapat dilakukan bila dilakukan kerjasama dengan baik bersama perguruan tinggi lokal.

Sementara itu, permasalahan sampah di Bengkulu semakin memprihatinkan beberapa tumpukan sampah tampak menggunung di ruas jalan Kota Bengkulu yang mengganggu pemandangan serta menimbulkan aroma tidak sedap

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

COPYRIGHT MUSRIADI (LANANG PENING)