google918a0c52108bf1a3.html Lanang Pening: Semakin Pendeknya Umur Salju Abadi

30 Mar 2012

Semakin Pendeknya Umur Salju Abadi


Kepala Pusat Perubahan Iklim Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika pusat Edvin Aldrian mengatakan perubahan iklim mengakibatkan salju abadi di dunia diperkirakan hanya sampai pada satu generasi lagi dan selanjutnya akan menghilang.

"Tiga salju abadi di dunia yakni di Kenya, Papua dan Peru diperkirakan hanya akan ada sampai satu generasi lagi karena salju-salju tersebut mulai meleleh akibat terjadinya perubahan iklim," katanya saat mengisi kuliah umum di
Universitas Bengkulu, Jumat.

Ia mengatakan, menurunnya jumlah salju tersebut telah dapat dilihat sejak 1938 hingga 2000. Pada 2010, ekspedisi BMKG menemukan jumlah salju di Papua telah cukup banyak mengalami penurunan.

Pelelehan salju-salju abadi di bumi merupakan salah satu bukti dari pemanasan global. Bukti lainnya yakni terjadinya peningkatan suhu bumi,peningkatan konsentrasi gas rumah kaca dan peningkatan muka air laut.

"Pemanasan suhu bumu tersebut tidak terlepas dari peran manusia yakni adanya peningkatan populasi yang ditunjukkan dengan jumlah penduduk Indonesia mencapai 237 juta pada 2010 dan pemanfaatan energi, sedangkan hubungan peradaban manusia dan pemanasan global ini berbanding lurus," katanya.
sumber : Antara Bengkulu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

COPYRIGHT MUSRIADI (LANANG PENING)