google918a0c52108bf1a3.html Lanang Pening: TURKI TAWARKAN BEASISWA UNTUK MAHASISWA INDONESIA

19 Sep 2012

TURKI TAWARKAN BEASISWA UNTUK MAHASISWA INDONESIA

Pemerintah Turki menawarkan 66 beasiswa strata-1 dan pascasarjana bagi pelajar dan mahasiswa Indonesia yang ingin belajar ke negara itu sebagai wujud upaya meningkatkan hubungan kedua negara yang telah berjalan baik.

"Kedua negara selama ini sudah ada beberapa kerjasama seperti pertahanan, ekonomi dan pendidikan," kata Juru bicara Wapres Yopie Hidayat kepada pers di Jakarta, Rabu.

Hal tersebut disampaikan usai Wakil Presiden Boediono menerima kunjungan kehormatan Duta Besar Turki untuk Republik Indonesia Zekeriya Akcam di Kantor Wapres Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta.

Dubes Turki tersebut sudah berada di Indonesia selama empat bulan dan melihat pontensi besar dari Indonesia yang bisa ditingkatkan.

Menanggapi tawaran tersebut, Wapres Boediono seperti dikutip Yopie, menyambut baik kerjasama di bidang pendidikan.

Bahkan menurut Wapres, kata Yopie, pertukaran pemuda, seperti pelajar dan mahasiswa antar negara adalah investasi jangka panjang yang sangat baik.

"Akan semakin mengeratkan hubungan dan memudahkan kerjasama di antara kedua negara," kata Yopie.

Dubes Turki bahkan juga akan mendorong Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk mengundang pelajar dan mahasiswa Turki belajar di Indonesia.

Di bidang reformasi birokrasi, delegasi Turki telah bertemu dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN dan RB) untuk berbagi pengalaman.

Dikatakan bahwa saat ini delegasi parlemen Turki tengah berada di Indonesia. "Bulan depan, Walikota Istanbul akan berkunjung ke Jakarta. Dan Menteri Kesehatan Turki juga akan hadir untuk menjajaki kerjasama," katanya.

terkait tugas barunya di Indonesia, dubes baru itu kata Yopie, akan menitikberatkan tugasnya pada sektor investasi dan perdagangan dan akan segera bertemu dengan menteri dan pejabat yang terkait dengan sektor ini.

Yopie mengatakan perdagangan kedua negara baru mencapai dua miliar dolar AS pada tahun 2011 dan ditargetkan mencapai lima miliar dolar AS pada tahun 2015.

Dalam kesempatan itu, kata Yopie, Wapres Boediono memberikan apresiasi kepada Akcam yang telah mempromosikan Indonesia sebagai tempat berinvestasi bagi pengusaha Turki.

Di bidang politik, dubes Akcam menyampaikan bahwa masyarakat Turki akan memilih Presiden secara langsung untuk pertama kalinya pada tahun 2014.
Wapres berharap agar Akcam dapat bekerja dengan baik dan membawa hubungan kedua negara semakin baik, serta lebih banyak lagi mengunjungi kota-kota di Indonesia.

"Masih banyak potensi yang dapat dikembangkan oleh kedua negara," ujar Wapres seperti dikutip Yopie. (Antarabengkulu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

COPYRIGHT MUSRIADI (LANANG PENING)