google918a0c52108bf1a3.html Lanang Pening: KRISIS LISTRIK DI BENGKULU SELATAN SEGERA TERATASI

6 Okt 2011

KRISIS LISTRIK DI BENGKULU SELATAN SEGERA TERATASI

Krisis listrik di Kabupaten Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu segera teratasi dalam waktu dekat, menyusul rampungnya pembangunan jaringan interkoneksi dari Pagar Alam ke daerah itu pada akhir Desember 2011.

"Kita jamin krisis listrik di Bengkulu Selatan pada akhir 2011 dapat diatasi karena pembangunan jaringan interkoneksi dari daerah ini ke Pagar Alam, Sumatra Selatan hampir selesai," kata Kepala Cabang PLN Bengkulu, Kadarisman, Kamis.
Ia mengatakan, jika jaringan interkoneksi Bengkulu Selatan- Pagar Alam, Sumsel sudah berfungsi, maka kebutuhan listrik di kabupaten tersebut dipasok dari daerah lain menggunakan jaringan tersebut.

Sesuai target PLN, pembangunan jaringan kabel listrik interkoneksi yang menghubungan Bengkulu Selatan- Pagar Alam selesai paling lambat akhir Desember 2011 nanti.

"Jadi, jika tidak ada aral melintang pada Januari 2012 nanti, kebutuhan listrik di wilayah Bengkulu Selatan dapat dipenuhi dengan baik, sehingga tidak terjadi lagi pemadaman pada malam hari," ujarnya.

Hal senada diungkapkan Bupati Bengkulu Selatan, Riskan Effendi. Ia mengatakan, sesuai pembicaraanya dengan Dirut PLN, Dahlan Iskan yang datang ke daerah itu pada Selasa (4/10) bahwa, pembangunan kabel interkoneksi Pagar Alam ke Bengkulu Selatan tuntas pada akhir 2011.

Dengan demikian, pasokan daya listrik ke Bengkulu Selatan dapat ditingkatkan sesuai kebutuhan di daerah tersebut. "Kalau pasokan daya listrik ke Bengkulu sudah ditingkatkan melalui jaringan interkoneksi maka persoalan listrik di daerah tidak ada masalah lagi," ujarnya.

Selama ini, kata Bupati Reskan, krisis berkepanjangan listrik di Bengkulu Selatan karena daya listrik yang dihasilkan oleh mesin PLTD tidak seimbangan dengan kebutuhan masyarakat setempat.

Akibatnya, pada saat beban puncak antara pukul 19.00 sampai 21.00 WIB, daya listrik yang ada di daerah itu, tidak mampu mengatasinya, sehingga menyebabkan terjadi pemadaman listrik bergilir pada malam hari.

"Kita berharap akhir Desember nanti jaringan listrik interkoneksi Bengkulu Selatan- Pagar Alam, Sumsel dapat berfungsi, sehingga krisis listrik di daerah ini dapat teratasi dengan baik," ujarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

COPYRIGHT MUSRIADI (LANANG PENING)