google918a0c52108bf1a3.html Lanang Pening: BNPB BANTU KENDARAAN UNTUK DAERAH RAWAN GEMPA

11 Jul 2011

BNPB BANTU KENDARAAN UNTUK DAERAH RAWAN GEMPA

Badan Nasional Penanggulangan Bencana pada 2011 akan memberikan bantuan dua kendaraan operasional untuk daerah rawan gempa bumi.

"Kabupaten Mukomuko salah satu daerah rawan gempa menerima bantuan dua mobil dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)," kata Kepala Bidang Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mukomuko Robin Linton di Mukomuko, Senin.
Dua kendaraan yang diberikan itu masing-masing mobil tangki air bersih serta mobil "rescue" yang bisa digunakan dalam kondisi darurat, yaitu membantu menyediakan air bersih untuk pengungsi serta kelengkapan alat komunikasi.

"Bantuan dua mobil dari BPNP itu dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan cocok digunakan dalam kondisi darurat serta saat pemulihan setelah terjadi bencana alam," katanya.

Mobil tangki untuk sarana air bersih dilengkapi dengan laboratorium yang bisa mengolah air bersumber dari sungai untuk dikonsumsi masyarakat, sedangkan mobil "rescue" dilengkapi dengan peralatan komunikasi untuk mempermudah koordinasi dengan daerah luar.

Ia mengatakan, sesuai dengan usulan awal kendaraan yang diminta oleh BPBD setempat sebanyak empat unit, tetapi yang disetujui dan terealisasi dari BNPB hanya dua unit.

"Secara bertahap usulan yang sama akan disampaikan pada 2012 sehingga pengajuan empat mobil penanganan bencana bisa terealisasi semuanya," katanya.

Dua unit kendaraan roda empat bantuan dari BNPB itu untuk sementara waktu ditempatkan di posko induk rumah dinas kepala daerah, sebelum disediakan dan dibangun tempat parkir khusus yang berada dekat kantor BPBD.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

COPYRIGHT MUSRIADI (LANANG PENING)